Logo1000Guru
line decor
  - Best viewed in Firefox
line decor




TENTANG KAMI
PERKULIAHAN
 
 
mail to:
web-admin
 
 
 
 
 
 

Logo

 

Siapakah 1000Guru?

Gerakan 1000guru adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bersifat non-profit, non-partisan, independen, dan terbuka. Spirit dari lembaga ini adalah "gerakan" atau "tindakan" bahwa semua orang bisa menjadi guru dan berkontribusi untuk meningkatkan level pendidikan di Indonesia.
Gerakan 1000guru ingin menjawab salah satu permasalahan mendasar dari pendidikan dasar-menengah di Indonesia yaitu "kekurangan guru", baik dari sisi kuantitias, kualitas, maupun penyebaran, dengan memanfaatkan kelimpahan sumber daya manusia yang tersebar di bidang-bidang non-pendidikan dasar-menengah dan yang tersebar di seluruh penjuru planet.
Gerakan 1000guru juga ingin menyambung kembali tali ikatan kultural antara dunia pendidikan dan masyarakat, seperti di masa lalu ketika pendidikan masih berlangsung di lingkup keluarga. Pendidikan adalah satu-satunya aset yang tidak dimiliki oleh makhluk selain manusia, yang sudah terbukti dan akan terus menjadi motor yang memperpanjang nyawa peradaban manusia. Oleh karena itu, pendidikan adalah tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

  Kegiatan teleconference di SMAN 3 Tangerang Selatan: "Motivasi belajar pada siswa"      
 

Diawali oleh kebingungan kami membayangkan bagaimana caranya sekolah kami bisa melaksanakan teleconference dengan 1000guru? Kami mencoba mengikuti kegiatan ini dari mllis, kok sepertinya menarik sekali. Dengan panduan oleh teman-teman di 1000guru, alhamdulillah kegiatan teleconference dapat terlaksana.

Sebelumnya kami pernah mencoba ber Tel-Co dengan sister sekolah kami yaitu Ibu Simone Bassett (salah satu guru di Castlemaine Secondary College). Hasilnya saat kami bicara/ bertanya setelah berhenti baru ada jawaban. Mungkin karena jaraknya yang jauh sehingga ada sedikit hambatan untuk gelombang suara. Tetapi saat mencoba dengan 1000guru hasilnya bagus, percakapan bisa langsung gambarpun bagus.

Kami mencoba ber-email dengan 1000guru dan kami tertarik dengan judul "Motivasi belajar bagi siswa". Saat itu yang pertama mengajukan materi adalah pak Andi Prasetyo dari SMK BTB Juwana, akhirnya kami mencoba ikut, kalau bisa. Ternyata oleh 1000guru ditanggapi dan dikabulkan hal ini dilaporkan oleh Pak Imron (1000 Guru) yang saya sendiri belum pernah kenal dan lihat fotonya.

Rencananya kegiatan ini diadakan pada hari Selasa tanggal 14 Desember 2010 pukul 13.00. Di ruang kepala sekolah kami mencoba setting peralatan, yakni dari pukul 08.00 dengan dibantu oleh mas Agung guru ICT di sekolah kami akhirnya selesai pukul 11.00. Penggunaan ruang kepala sekolah dianjurkan oleh Bpk. Sujana (Kepala Sekolah SMAN 3 Tangerang Selatan) yang berpesan, "kegiatan teleconference dilaksanakan di ruangan ini saja agar anak-anak terbiasa dengan ruangan ini." Terimakasih bapak atas pinjaman ruangannya. :)

Sekitar pukul 11.15 kami mencoba menghubungi Ibu Ika aktivis 1000guru, ternyata beliau memang sudah Online. Kami mencoba berkenalan, saat itu juga kami baru jelas dengan raut muka ibu Ika yang murah senyum. Setelah bercakap-cakap langsung lewat Tel-co menjadi tambah jelas Bahwa Ibu Ika adalah sosok yang cerdas. Beliau seorang dosen farmakologi dan farmasi klinik dari fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, sekaligus relawan 1000guru.

Setelah pukul 12.00 kami mencoba menghubungi SMK Juwana, ternyata disana masih setting alat, materi yang sedianya dimulai pukul 13.00 ternyata mundur beberapa menit karena kendala teknis, dan alhamdulillah pukul 13.20 menit materi sudah mulai diberikan. Pada saat pemateri bicara "mic" dari dua sekolah yakni SMAN 3 Tangerang Selatan dan SMK BTB Juwana masing-masing di "mute" sehingga tidak ada gangguan suara dari pihak audience.

Saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran jarak jauh / teleconference via Skype

Nampak ada 3 layar di slide SMK BTB Juwana yang dipandu oleh Bapak Andi (kiri), Nara Sumber Ibu Ika Puspita sari (kanan) dan SMAN 3 Tangerang Selatan dipandu oleh Ibu Yuniati (bawah)

Siswa sangat memperhatikan materi yang diberikan oleh ibu Ika Puspita Sari

Ibu Yuniati sedang memandu pertanyaan yang akan diajukan oleh para siswa dari SMAN 3 Tangerang Selatan

Siswa mengajukan pertanyaan pada Ibu Ika Puspita Sari

Sementara siswa mendengarkan materi, percakapan antara SMAN 3 Tangerang Selatan dan SMK BTB Juwana dilakukan via chatting untuk mengatur beberapa pertanyaan kepada Ibu Ika agar tertib. Akhirnya kami persilahkan SMK BTB Juwana sesi I untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Baru sesi II pertanyaan diajukan oleh siswa SMAN 3 Tangerang Selatan. Sungguh siswa sangat antusias dan senang untuk mengajukan pertanyaan, Ibu Ika pun menjawab dengan penuh kesabaran dan senyum.

Pada saat SMK BTB Juwana mengajukan pertanyaan, mic di SMAN 3 Tangerang Selatan di "mute", begitu pula sebaliknya. Terakhir untuk menutup mic sama dalam keadaan "on" sehingga kita bisa tepuk tangan bersama untuk mengakhiri kegiatan ini. Akhirnya kegiatan selesai sekitar pukul 14.45. Untuk itu kami ucapkan terimakasih kapada:

  1. 1000guru: Ibu Ika Puspita Sari sebagai pemateri, Pak Imron dan Pak Agung sebagai fasilitator
  2. SMK BTB Juwana sebagai partner
  3. Bapak Sujana kepala SMAN 3 Kota Tangerang Selatan
  4. Teman-teman dewan guru yang setia mengikuti kegiatan teleconference
  5. Mas Agung guru ICT pendamping siswa saat kegiatan berlangsung

Harapan saya kegiatan seperti ini terus dilaksanakan dan semoga bermanfaat.
Sampai ketemu untuk materi selanjutnya.

Salam,

Yuniati, SMAN 3 Tangerang Selatan

 

back to top
depan