Logo1000Guru
line decor
  - Best viewed in Firefox
line decor




TENTANG KAMI
PERKULIAHAN


mail to:
web-admin
 
 
 
 
 
 

Logo

 

Siapakah 1000Guru?

Gerakan 1000guru adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bersifat non-profit, non-partisan, independen, dan terbuka. Spirit dari lembaga ini adalah “gerakan” atau “tindakan” bahwa semua orang bisa menjadi guru dan berkontribusi untuk meningkatkan level pendidikan di Indonesia.
Gerakan 1000guru ingin menjawab salah satu permasalahan mendasar dari pendidikan dasar-menengah di Indonesia yaitu "kekurangan guru", baik dari sisi kuantitias, kualitas, maupun penyebaran, dengan memanfaatkan kelimpahan sumber daya manusia yang tersebar di bidang-bidang non-pendidikan dasar-menengah dan yang tersebar di seluruh penjuru planet.
Gerakan 1000guru juga ingin menyambung kembali tali ikatan kultural antara dunia pendidikan dan masyarakat, seperti di masa lalu ketika pendidikan masih berlangsung di lingkup keluarga. Pendidikan adalah satu-satunya aset yang tidak dimiliki oleh makhluk selain manusia, yang sudah terbukti dan akan terus menjadi motor yang memperpanjang nyawa peradaban manusia. Oleh karena itu, pendidikan adalah tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

  Sarana-Prasarana dan Teknis Perkuliahan      
 

Sarana dan prasarana

Berikut ini adalah sarana-prasarana yang diperlukan untuk melangsungkan perkuliahan jarak jauh antara guru relawan dengan pihak sekolah.

Hardware

Yang harus disediakan oleh pihak guru relawan dan sekolah:

  • 1 buah komputer atau 1 buah notebook/laptop untuk melakukan teleconference.
  • Webcam resolusi VGA atau bisa menggunakan webcam biasa atau bawaan notebook/laptop
  • Speaker aktif atau bisa juga menggunakan earphone untuk mendengarkan output dari komputer.
  • Microphone dengan kualitas yang baik

Disediakan hanya oleh pihak sekolah:

  • LCD Proyektor (beamer) atau bisa juga menggunakan pesawat televisi layar lebar, terhubung ke notebook/komputer di pihak sekolah
  • Sound amplifier untuk mengakomodasi ruangan kelas yang besar. Namun harus juga diingat feedback yang mungkin terjadi pada saat perkuliahan berlangsung.

Software

Yang harus disediakan oleh pihak guru relawan dan sekolah:

  • Skype, untuk audio/video teleconference
  • PowerPoint/Open Office Impress untuk menampilkan bahan presentasi
  • Teamviewer untuk melakukan presentasi jarak jauh
  • Yahoo Messenger untuk live video stream (webcam view) apabila diinginkan perkuliahan jarak jauh yang dilakukan paralel dengan lebih dari satu sekolah.

Network / Koneksi Internet

  • Baik guru relawan dan pihak sekolah harus mempunyai koneksi internet yang cukup cepat; pita lebar (broad band).

 


Perkuliahan jarak jauh

Untuk tampilan di ruang kelas sekolah, layar komputer disalurkan ke layar LCD atau beamer. 

Teleconference

Teleconference dilakukan dengan menggunakan program Skype. Bentuk dari teleconference dengan menggunakan program Skype ini dapat dibagi sebagai berikut:

  1. Audio dan video teleconference, dimana hanya dua pihak yang bisa terlibat, yaitu pihak guru relawan dan pihak sekolah.
  2. Hanya audio teleconference, dengan moda ini, dapat diakomodasi hingga 25 pihak yang terlibat pada saat bersamaan (paralel).

Presentasi kuliah jarak jauh

Presentasi jarak jauh bahan kuliah dari guru relawan dilakukan dengan menggunakan program Teamviwer yang dapat secara gratis didownload disini. Presentasi jarak jauh dengan Teamviewer dapat dilakukan dengan mode remote support dimana guru relawan mengendalikan komputer pihak sekolah, ataupun dengan metoda presentation (normal). Untuk mode remote support, bahan presentasi (misalnya file Powerpoint) harus terlebih dahulu dikirimkan ke pihak sekolah, untuk selanjutnya dijalankan di komputer pihak sekolah dengan mode remote support oleh guru relawan pada saat perkuliahan jarak jauh berlangsung. Dari pengalaman team 1000Guru, mode remote support memberikan hasil yang lebih optimal kepada pihak sekolah, terutama apabila ada video clips atau content multimedia lain pada file presentasi.

Skenario jalannya perkuliahan

1. Hanya dua pihak yang terlibat (guru relawan dan pihak sekolah)

  • Teleconference dilakukan dengan program Skype dapat dengan mode audio-video conference ataupun dapat dengan hanya audio conference.
  • Presentasi dilakukan dengan program teamviewer dengan teknis pelaksanaan seperti yang telah dijelaskan di atas.
  • Untuk meminimalkan gangguan akibat tidak stabilnya bandwidth koneksi internet, sebaiknya teleconference dengan Skype dilakukan hanya dengan menggunakan mode audio, sehingga pada saat presentasi berlangsung pihak sekolah hanya mendengarkan suara guru relawan dan menyaksikan presentasi bahan kuliah dengan program teamviewer. Baru setelah presentasi Teamviewer selesai, video streaming dapat dilakukan dengan program Yahoo Messenger pada sesi tanya jawab, pada kondisi ini program Teamvier dapat di matikan. Kedua belah pihak dapat melihat video streaming lewat Yahoo Messenger setelah mem-broadcast webcam masing-masing.

Contoh kasus simulasi perkuliahan jarak jauh menggunakan software Teamviewer antara tim 1000Guru dengan pihak sekolah dan berhasil dengan baik dapat dilihat disini. Berdasarkan hasil dari simulasi, dari sisi teknis, kegiatan perkuliahan jarak jauh level sekolah menengah bukan hal yang tidak mungkin dilaksanakan.

Sarana

Gambar di atas menunjukkan salah satu konfigurasi yang mungkin diterapkan di ruang kelas sekolah untuk melangsungkan perkuliah jarak jauh.

2. Lebih dari dua pihak yang terlibat (1 guru relawan dan lebih dari 1 pihak sekolah)

  • Teleconference dilakukan dengan program Skype hanya dengan mode audio conference.
  • Presentasi dilakukan dengan program Teamviewer dengan teknis pelaksanaan seperti yang telah dijelaskan di atas. Guru relawan dapat melakukan remote support terhadap lebih dari 1 komputer pihak sekolah.
  • Pada saat presentasi berlangsung, pihak sekolah hanya mendengarkan suara guru relawan dan menyaksikan presentasi bahan kuliah dengan program teamviewer. Baru setelah presentasi Teamviewer selesai, video streaming dapat dilakukan dengan program Yahoo Messenger pada sesi tanya jawab, pada kondisi ini program Teamviewer dapat di matikan. Semua pihak yang terlibat dapat melihat video streaming semua peserta lewat Yahoo Messenger setelah mem-broadcast webcam masing-masing.

 

 

Dengan skenario ini, kuliah jarak jauh dapat dilakukan paralel dengan lebih dari 1 pihak sekolah. Percobaan perdana yang telah dilakukan adalah team 1000Guru telah berhasil mengadakan perkuliahan paralel jarak jauh dari Dresden-Jerman ke 2 sekolah di Indonesia, yaitu SMU Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana Pati, yang dapat dilihat disini.

 

tele

 

 

 

Team 1000Guru
EZ